Search our site:

FAQ

Berikut adalah pertanyaan umum tentang pemusnahan rayap dengan Metode TERMITENATOR berbasis sistem UMPAN :

Q : Apakah TERMITENATOR itu ?
A : TERMITENATOR (Termite Terminator) adalah metode penanganan rayap perusak bangunan terpadu yang berbasis teknologi EXTERRA dan dikerjakan oleh PT. Narwastu Asia Ekatama.

Q : Apa bedanya dari cara semprot dan suntik  lantai ?
A : Cara lama yang menyuntik lantai memiliki keterbatasan sbb :

  • Cara suntik atau mengebor lantai, cenderung merusak keindahan bangunan, dan sangat mengganggu kenyamanan penghuni.
  • Racun kimia  yang digunakan hanya membunuh rayap yang kena semprot, namun tidak pernah memusnahkan koloninya;
  • Racun rayap, yang  beredar sekarang, jika  campurannya benar pun, hanya bertahan 12 bulan di iklim katulistiwa yang panas;

Setelah bahan kimia yang diaplikasikan  tersebut kering/ terurai, rayap akan kembali menyerang bangunan, dalam formasi yang terpencar/ lebih luas, karena terpaan racun  kimia yang diaplikasikan sebelumnya.

Q : Mengapa Metode TERMITENATOR diperlukan ?

  1. Karena metode sebelumnya hanya menghalau, namun tidak memusnahkan koloni rayap;
  2. Untuk meniadakan pengrusakan lantai, dan pencemaran udara oleh semprotan racun di dalam bangunan;
  3. Untuk menghindarkan nilai bangunan merosot  karena cacat permanen akibat pengeboran  di lantai sepanjang pondasi;
  4. Kami merasa perlu menyediakan informasi edukatif tentang apa dan bagaimana persoalan  rayap itu sebenarnya.

Q : Mengapa Sistem Umpan  yang dipakai ?
A : Kelebihan  dari Sistem Umpan yang lain :

  • Tabung In Ground-nya (IG) yang di tanah lebih efisien, karena dapat memuat umpan lebih banyak karena berukuran lebih besar.
  • Ukuran yang lebih besar ini meminimalkan gangguan pada aktifitas rayap, saat teknisi menambahkan umpan.
  • Dilengkapi  butiran Focus untuk mempercepat rayap beralih dari menyerang kayu bangunan, belok ke kayu di stasiun In Ground;
  • Terus mengembangkan riset lokal di setiap negara, sehingga lebih pas dengan jenis rayap yang ada di negara tersebut.
  • Tarifnya  lebih ekonomis, dan fleksibel untuk bangunan di mana pun.
  • Terus dikembangkan oleh tim riset Ensystex Inc baik yang berada di Amerika, maupun yang bermarkas di Australia;
  • Sejak awalnya dikembangkan PCO untuk area indoor seperti bangunan di perkotaan, yang terlarang bagi pencemaran.

Q : Mengapa pemusnahan perlu dimulai sekarang juga?
A : Jawabannya adalah,  “Siapkah Anda kejatuhan plafon?”

Ratu rayap (dalam tes di lab) mampu bertelur satu per detik dan  bekerja 24 jam sehari. Maka sangat mungkin ada jutaan ekor rayap yang saat ini sedang menyantap bangunan Anda. Pemusnahan perlu dilakukan sedini mungkin, karena perlu waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan untuk memusnahkan seluruh koloni. Penundaan menyebabkan kerusakan makin luas.

Q : Perlu berapa lama  untuk seluruh koloni rayap di bangunan musnah ?
A : Tergantung jenis rayap dan volume populasinya. Jenis Coptotermes yang ganas dan berwarna putih dapat musnah dalam 6 – 9 minggu. Jenis Macrotermes biasanya  musnah dalam  3  – 6 bulan.

Q : Komponen apa saja yang digunakan?
A  : Ada  2 alat utama yang digunakan, yaitu Stasiun IG (In Ground) untuk mencegat dan memusnahkan rayap yang masih berkeliaran di  tanah, dan stasiun AG (Above Ground) untuk musnahkan rayap yang sudah berada di bangunan.

Q : Bisakah kami membeli komponennya saja ?
A : Komponennya tidak dijual bebas, karena seperti halnya komponen senjata api, hanya teknisi yang terlatih dengan baik yang dapat menggunakannya secara efektif, mengingat bahwa ini adalah  pekerjaan hal yang „Knowledge Intensive.“

Q : Bangunan apa saja dan di mana saja yang telah menggunakannya?
A : Metode dan teknologi ini telah digunakan di Batam, Bali dan Jakarta. Di Jakarta, telah terbukti ampuh di Kelapa Gading, Sunter, Cempaka Putih, Cibubur, Cipete, Pondok Indah, Bintaro, Serpong, Bekasi, Cikarang, Depok, dsb .

Q : Bagaimana cara hitung tarifnya perbandingan tarifnya dengan metode semprot / suntik?
A  : Cara hitungnya : jumlahkan total keliling lantai dasar bangunan, kalikan dengan tarif per meter lineal tahun pertama, sesuai kategori bangunan Anda.  Jika bangunan anda persegi empat, jumlahkan (2 x panjang) + (2 x lebar) bangunan, dan kalikan dengan tarif per meter lineal  tahun pertama.

 

Q : Bagaimana perbandingan tarifnya dengan metode semprot / suntik?
A  :  Umumnya tarif TERMITENATOR* lebih tinggi 30 % dari pada sistem lama yang menyemprot/ menyuntik bangunan. Namun manfaat yang diberikan sudah jauh melebihi 30 % itu. Ibarat membandingkan layanan PUSKESMAS dengan layanan di RS moderen yang fasilitasnya lengkap.

Q : Apa beda operator EXTERRA* dengan operator rayap  (PCO) lain?
A  : Operator EXTERRA* di sebut Authorized Operator/ AO (Operator Resmi) adalah perusahaan yang ditunjuk langsung oleh Prinsipal (ENSYSTEX AMERIKA), dan dilatih serta diawasi cara kerjanya untuk mencegah hal-hal yang merugikan konsumen.

Catatan :
Operator Rayap atau PCO (Pest Control Operator) umumnya berupa  perusahaan sederhana yang didirikan oleh seseorang yang keluar dari sebuah perusahaan PCO, dan mendirikan PCO baru, dan melayani konsumen dengan bahan racun yang dijual  bebas  di toko kimia/ toko bangunan, dan tidak ada yang mengontrol kualitas kerja mereka.

Q : Bagaimana kami mengukur ini berhasil atau tidak ?

A  : Konsumen dapat ikut menengok isi stasiun umpan saat teknisi melakukan kunjungan monitoring  berkala. Dari situ akan terlihat bagaimana jumlah maupun komposisi koloni rayap menyusut dari waktu ke waktu, hingga habis.

Q : Bangunan kami sudah di “Anti Rayap“ kok masih ada rayapnya ?
A  :  Kami menjumpai bahwa pada sebagian besar bangunan yang sudah disemprot/ disuntik lantainya dengan ratusan liter racun rayap, 3 bulan setelahnya rayap terlihat lagi di bangunan. Kumpulan rayap yang lolos dari serangan / gangguan manusia, biasanya membelokkan jalurnya ke bagian bangunan yang tidak terkena semprot, misal : rangka atap, atap teras, kamar anak, lemari pakaian, dll.

Q : Kayu di plafon kami kan sudah dilapis dengan bahan anti rayap, mengapa masih rusak juga ?
A :  Hampir seluruh kayu yang digunakan di dalam negeri, hanya terlindungi bagian luarnya karena hanya dioles ataupun disemprot Termitisida.  Padahal rayap selalu makan dari sisi dalam kayu. Hanya kayu yang diekspor ke negara maju yang diproses secara impregnasi, yang seluruh bagiannya terlindungi dari rayap.

Pada metode IMPREGNASI : kayu direndam di dalam tangki raksasa, yang berisi  cairan Termitisida, lalu ditekan dengan tekanan tinggi, sehingga cairan kimia itu masuk ke dalam pori-pori kayu bagian dalam. Inilah pengawetan kayu yang terbaik.

T : Bagaimana dengan garansinya ?
J : Garansi di metode ini lebih rasional dan memiliki dasar ilmiah, karena pemusnahan dilanjutkan dengan kunjungan monitoring berkala 3 bulanan pada bangunan untuk mengantisipasi kehadiran  koloni rayap baru pasca pemusnahan. Garansi diberikan dalam bentuk penggantian biaya perbaikan bagian bangunan yang dirusak rayap, jika setelah koloni rayap dinyatakan musnah, rayap masih merusak bangunan

CATATAN  KESIMPULAN:

  • Belum ada teknologi lain untuk memusnahkan rayap yang ramah lingkungan dan dapat dipertanggung jawabkan serta efisien seperti EXTERRA
  • Pastikan kejelasan garansi perlindungan bangunan dari sebuah perusahaan penanganan hama rayap.


BULAN JANUARI. PROMO POTONGAN HARGA INSTALASI! FREE KONSULTASI

BULAN JANUARI. PROMO POTONGAN HARGA INSTALASI! FREE KONSULTASI

Di Bulan Januari ini PT NARWASTU ASIA EKATAMA akan membagikan angpao, Dapatkan potongan harga hingga 20% dari total biaya.

Hubungi Kami Segera... »


BANGUNAN SUDAH TERSERANG RAYAP ?

BANGUNAN SUDAH TERSERANG RAYAP ?

Dapatkan informasi tahap demi tahap perlindungan untuk bangunan yang sudah terserang rayap

learn more »


TOTAL MANAJEMEN ANTI RAYAP DARI EXTERRA

TOTAL MANAJEMEN ANTI RAYAP DARI EXTERRA

Kami melindungi bangunan anda melalui pendeteksian aktifitas rayap, pemusnahan koloni rayap dan pencegahan serangan koloni rayap baru ke dalam bangunan.

learn more »